Catatan Seorang Full Time Blogger #1: Masa Lalu Gaji $2,000

Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui bahwa sejak pertengahan Oktober 2011 saya telah pindah kuadran dari seorang karyawan menjadi seorang full time blogger. Sebagai catatan dari profesi baru ini, saya berencana membuat sebuah postingan setiap hari Senin mengenai segala informasi dan aktivitas saya sebagai full time blogger.

Ada dua alasan saya menuliskan hal tersebut. Pertama, saya ingin memberikan gambaran kepada Anda semua mengenai kehidupan seorang full time blogger yang terkadang dipandang sebelah mata oleh segelintir orang. Kedua, saya ingin menyediakan informasi seakurat dan setransparan mungkin yang sekiranya berguna bagi mereka yang ingin menjadi seorang full time blogger.

Pada catatan yang pertama ini, saya terlebih dahulu menuliskan masa lalu saya sebagai karyawan di perusahaan tambang nikel milik asing yang berlokasi di Sorowako, Sulawesi Selatan.

Saya bekerja di perusahaan tersebut sejak 14 November 2005. Posisi awal yang saya tempati adalah Asisstant Chemist merangkap Manager Mutu laboratorium. Tanggung jawab saya antara lain membuat dan memvalidasi prosedur kerja baru, memverifikasi hasil pengujian sampel, memberikan pelatihan kepada analis lab, dan sebagainya.

Setelah 3 tahun, saya naik jabatan menjadi Chemist. Selain tanggung jawab yang bertambah besar, gaji pokok saya pun bertambah. Tiap tahun gaji ini bertambah lagi seiring kinerja saya yang lumayan baik.

Tanpa terasa gaji pokok saya mencapai Rp 17.187.844 per bulannya (dengan potongan pajak ke negara sebesar Rp 2.462.645). Karena kurs 1 dolar = Rp 8.500 per Oktober 2011, maka gaji pokok saya itu lebih dari US $2,000.

Karena saya tidak ingin disangka membual, di bawah ini adalah pindaian gaji pokok saya pada bulan April 2011. Klik gambar agar lebih jelas.

gajiku

Saat saya memutuskan berhenti bekerja, pihak keluarga menyayangkan keputusan saya tersebut. Bahkan ada yang menyebut saya tidak bersyukur dengan pendapatan saya di atas.

Saya jelaskan bahwa menjadi seorang full time blogger adalah pilihan hidup saya yang hobi menulis. Selain itu, saya juga bosan menjadi seorang karyawan yang terikat waktu dan aturan. Saya ingin kerja kapan dan di mana saja.

Penutup

Bagi saya, gaji sebesar $2,000 adalah masa lalu. Tak ada gunanya diratapi. Tak penting juga disayangkan. Yang penting adalah sekarang saya fokus dan giat bekerja sebagai seorang full time blogger. Saya yakin: bila saya bersungguh-sungguh, maka saya akan berhasil menjadi blogger kaya dan sukses.

Man jadda wa jadda (bagi yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil).

Artikel ini pernah terbit di: https://www.blogodolar.com/catatan-seorang-full-time-blogger-1-masa-lalu-gaji-2000/

Respond For " Catatan Seorang Full Time Blogger #1: Masa Lalu Gaji $2,000 "